Masa subur atau dikenal dengan ovulasi merupakan suatu masa dimana terjadinya pelepasan sel telur ke rahim dari ovarium. Masa subur sangat wajib diketahui oleh semua wanita khususnya yang sudah menikah dan berencana untuk segera memiliki momongan. Namun, apakah masa subur diketahui oleh semua wanita? Rasanya tidak semua wanita mengetahui masa suburnya sendiri sehingga banyak sekali kasus yang gagal atau bahkan kecolongan perihal masalah kehamilan.

Pada dasarnya mengetahui masa subur bisa dijadikan sebagai acuan untuk anda yang ingin memiliki momongan lebih cepat dan juga bisa dijadikan sebagai suatu tatik atau strategi untuk menghindari kehamilan dalam waktu dekat (bagi anda yang  belum siap untuk memiliki momongan). Untuk mengetahui masa subur sebenarnya cukup mudah apalagi jika anda memiliki siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya.

Mengetahui masa subur seorang wanita sebenarnya tidak selalu berpatok pada kalender atau rumus yang sudah disediakan. Anda bia mengetahui masa subur anda sendiri dengan tanda tanda yang mungkin akan anda alami sendiri. Namun, pada hakekatnya masa subur sangat tergantung pada siklus menstruasi jadi sebagai pengetahuan tambahan anda juga perlu mengetahui siklus menstruasi anda jika perlu catatlah siklus menstruasi anda setiap bulannya.

Lalu, Bagaimana Cara Untuk Mengetahui Masa Subur Wanita?

Seperti telah dijelaskan pada ulasan sebelumnya bahwa mengetahui masa subur tidak melulu harus berpatok pada kalender ataupun rumus. Anda juga bisa mengetahui masa subur dengan beberapa tanda tanda yang kemungkinan akan anda rasakan seperti berikut ini :

1. Meningkatnya Gairah Bercinta

Ciri ciri wanita yang sedang masuk masa subur yang pertama yaitu ditandai dengan meningkatnya gairah bercinta tidak seperti biasanya. Perasaan ingin terus bercinta dengan pasangan merupakan suatu kondisi normal yang akan dirasakan oleh anda saat memasuki masa subur. Meningkatnya hal ini merupakan suatu tanda bahwa tubuh anda sudah siap untuk berreproduksi.

2. Meningkatnya Suhu Basal Tubuh

Suhu basal tubuh merupakan suatu kondisi suhu tubuh saat sedang beristirahat. Ciri ciri bahwa anda sedang memasuki masa subur biasanya suhu basal tubuh anda akan meningkat beberapa derajat dari suhu normal yang berlansung selama kurang lebih 3 hari. Naik tidaknya suhu tubuh ini bisa anda buktikan dengan mengeceknya saat ada sudah bangun tidur pada pagi hari.

3. Munculnya Cairan Atau Lendir

Selain meningkatnya gairah bercita dan meningkatnya suhu basal tubuh, ciri ciri bahwa anda sedang memasuki masa subur yaitu dengan munculnya cairan atau lendir yang hampir mirip dengan putih telur. Biasanya cairan atau lendir ini elastis, bening dan tidak berbau yang akan muncul bersamaan dengan kram perut dan juga rasa mual. Anda tidak perlu khawatir ketika kondisi ini terjadi yang perlu anda lakukan yaitu menghindari penggunaan sabun untuk area kewanitaan dan beristirahat cukup.

4. Payudara Nyeri

Nah, ciri ciri selanjutnya yaitu rasa nyeri pada payudara yang akan anda rasakan setelah menstruasi. Jika pada umumnya nyeri pada payudara sering dirasakan oleh kebanyakan wanita sebelum menstruasi, kali ini yang menjadi tanda bahwa anda sedang dalam masa subur yaitu munculnya rasa sakit pada payudara setelah menstruasi. Walaupun tidak banyak wanita yang merasakan hal ini, ciri ciri ini diduga kuat bahwa anda sedang memasuki masa subur.

Itulah beberapa ciri ciri wanita yang sedang masuk masa subur. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan terbaru untuk anda!

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *