Ovulasi atau dikenal dengan masa subur merupakan salah satu masa didalam siklus menstruasi dimana sel telur yang matang sudah siap dibuahi oleh sel sperma. Jika wanita yang dikategorikan masuk dalam masa subur dan melakukan hubungan seksual bersama pasangannya maka kemungkinan besar akan terjadi kehamilan pada wanita tersebut.

Masa subur bisa dikatakan sebagai rentang waktu pada setiap wanita yang akan terjadi setiap satu bulan sekali. Tujuan mengapa para wanita yang sudah berrumah tangga dianjurkan untuk mengetahui masa subur dirinya yaitu sebagai salah satu acuan untuk merencanakan kehamilan ataupun menunda kehamilan. Lantas, kapan masa subur seorang wanita? Berikut penjelasannya!

Masa Subur Seorang Wanita

Berbicara tentang masa subur wanita sebenarnya yaitu terjadi saat wanita tersebut mengalami masa ovulasi atau sekitar 12 sampai dengan 14 hari sebelum mengalami menstruasi. Namun, perlu anda ketahui bahwa hal ini tidak berlaku untuk semua wanita dan biasanya masa subur juga bergantung pada siklus menstruasi masing-masing wanita.

Biasanya jika seorang wanita yang memiliki siklus menstruasi pendek, misalnya yaitu 22 hari ovulasi atau masa subur akan terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasinya berakhir. Namun, jika seorang wanita memiliki siklus menstruasi panjang yaitu 28 hari, maka masa ovulasi atau masa suburnya yaitu berada pada hari ke 10 sampai hari ke 17 setelah menstruasinya berakhir. Dalam hal ini tentu saja mengetahui siklus menstruasi merupakan salah satu hal sangat penting agar bisa mengetahui masa subur.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Menghitung masa subur wanita bisa dikatakan cukup mudah apalagi untuk saat ini anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi yang bisa di download melalui smartphone anda. Namun, selain hal tersebut juga anda bisa menghitungnya secara manual dengan cara sebagai berikut :

  1. Pertama-tama ambillah siklus terpanjang serta terpendek minimal 6 siklus menstruasi.
  2. Ingat-ingat siklus menstruasi terpendek (hari pertama masa subur yaitu 18)
  3. Siklus menstruasi terpanjang (hari terakhi masa subur yaitu 11)

 

Setelah anda menentukkan hal-hal tersebut, langkah selanjutnya yang harus anda hitung yaitu :

  1. Usahakan catatlah siklus menstruasi minimal saat 6 bulan terakhir.
  2. Siklus terpendek yaitu 28
  3. Siklus terpanjang yaitu 31
  4. Menentukkan hari pertama anda akan datang masa subur yaitu dengan cara mengurangkan 28 dengan 18 (28 – 18 = 8)
  5. Menentukkan hari terakhir masa subur yaitu dengan cara mengurangkan 31 dengan 11 (31 – 11 = 20)
  6. Nah, setelah menghitung diatas bisa dikatakan bahwa masa subur anda yaitu pada hari ke 8 sampai dengan hari ke 20 setelah terakhir anda menstruasi. Sehingga diantara tanggal 8 sampai dengan tanggal 20 anda akan berpeluan untuk hamil apabila anda melakukan hubungan suami istri.

Itulah ulasan mengenai kapan masa subur wanita dan cara menghitung masa subur wanita yang hendaknya wajib untuk diketahui. Namun, selain mengetahui tentang masa subur sebaiknya anda juga perlu mengetahui penyebab wanita tidak subur sehingga akan menyebabkan wanita susah hamil. Penyebab tersebut seperti faktor usia, kebiasaan merokok, berat badan serta gangguan pada ovulasi. Sebaiknya dalam hal ini hindarilah hal yang harus dihindari dan periksa apa yang seharusnya di periksakan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan terbaru untuk anda!

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *