Kanker serviksmerupakan sel kanker yang tumbuh pada bagian leher Rahim, kanker raim terjadi ketika ada sel-sel didalam dinding Rahim (serviks) berjalan secara tidak normal, dan mengalami perkembangan yang terus menerus hingga tak terkendali.

Sel-sel yang mengalami perkembangan secara cepat dan tidak terkendali ini kemudian akan menyebabkan tumbuhnya tumor pada serviks atau dinding Rahim. Dan tumor yang semakin ganas akan berubah menjadi penyebab kanker serviks ini.

Kanker erviks merupakan pembunuh terbesar pada wanita di dunia, dan merupakan kanker yang sering dialami oleh wanita. Dan menurut data dari kementrian Kesehatan Republik Indonesia bahwa kanker serviks yang terjadi di Indonesia setiap tahunnya mencapai 15000 wanita.

Salah satu cara untuk mengetahui adanya kanker serviks sejak dini adalah dengan rutim melakukan tes pap smear , dengan mengetahui sejak dini maka kemungkinan untuk segera melakukan pengobatan juga lebih cepat.

Namun meskipun begitu, biasanya stadium awal dari kanker serviks ini sering kali tidak menunjukan gejala, dan gejala-gejala biasanya baru muncul saat sel kanker sudah mulai menyebar dan memasuki tahap stadium lanjut. Dalam beberapa kasus kanker serviks ini berhubungan dengan infeksi menular seksual (IMS).

Gejala kanker serviks

Pada tahap awal kanker serviks biasanya anda tidak akan merasakan gejala apa-apa, dan gejala-gejala biasanya baru akan timbul ketika sel kanker sudah mulai menyebar dan tumor sudah memasuki tahap lanjut. Tumor kemudian akan mendorong organ pada sekitar area serviks mengganggu sel-sel yang masih berjalan normal.

Berikut ini merupakan beberapa gejala serviks yang perlu anda ketahui:

  • Mengalami pendarahan yang tidak wajar pada miss V
  • Tidak teraturnya siklus menstruasi
  • Nyeri pada perut bagian bawah atau panggul
  • Nyeri saat sedang melakukan hubungan seksual
  • Badan menjadi mudah lelah dan lemas
  • Berat badan yang terus mengalami penurunan
  • Nafsu makan berkurang
  • Keluarcairan dari miss v yang tidak normal dan memiliki bau yang menyengat dan disertai darah
  • Salah satu kaki mengalami pembengkakan.

Penyebab kanker serviks

Penyebab kanker serviks ini adalah human papilloma virus (HPV), infeksi yang disebabkan olehvirus ini biasanya akan lebih meningkat pada wanita yang sering melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan, atau melakukan hubungan seksual tanpa kondom.

Selain itu beberapa faktor lain yang menyebabkan perempuan mengalami kanker serviks adalah wanita yang belum pernah mendapatkan vaksin serviks saat dia sudah aktiv melakukan hubungan seksual. Sehingga akan lebih rentan terkena serangan infeksi virus HPV.

Jenis dan stadium kanker serviks

Kanker serviks ini memiliki dua jenis yaitu yang pertama adalah karisona sel skuamosa (KSS) yaitu jenis kanker serviks yang sering terjadi . KSS ini bermula pada sel skuamosa yaitu sel yang melapisi bagian luar serviks.

Dan jenis kanker serviks yang kedua adalah adenokarsinoma yaitu jenis kanker yang bermula pada sel kelenjar yangterdapat pada saluran leher Rahim.

Dan tingkatan stadium digunakan untuk menjelaskan tingkat penyebaran  kanker serviks, kanker serviks memiliki tingkatan 4 stadium yaitu stadium 1, 2, 3 dan stadium 4 atau stadium akhir yang menandakan bahwa sel kanker sudah menyebar pada organ-organ dan jaringan tubuh yang lainnya.

Resiko Kanker serviks

Resiko kanker serviks akan meningkat pada wanita dengan beberapa alasan berikut:

  • Faktor keturunan
  • Merokok
  • Kurang mengonsumsi buah dan sayur
  • Obesitas
  • Frekuensi hamil dan melahirkan yang terlalu sering
admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *