Sebagai wanita yang bijak dan sangat peduli akan kondisi tubuhnya, mengetahui masa subur merupakan salah satu hal penting yang wajib untuk diketahui apalagi jika anda menginginkan segera memiliki buah hati. Ya, masa subur bisa dijadikan sebagai acuan agar anda cepat hamil dan beberapa pasangan juga menjadi masa subur sebagai taktik untuk menghindari dari kehamilan.

Masa subur merupakan masa ovulasi atau dimana indung telur melepas sel telur yang siap menempel pada tuba falopi jika berhasil dibuahi oleh sel sperma melalui hubungan seksual sehingga tidak heran masa subur merupakan salah satu moment yang paling tepat untuk anda yang ingin segera memiliki momongan karena kemungkinan terjadinya pembuahan saat masa subur akan semakin besar.

Mengetahui masa subur bagi seorang wanita merupakan salah satu cara agar cepat hamil yang masa subur ini akan terjadi setiap 1 bulan sekali jika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma maka akan berpotensi kehamilan. Namun, jika sel telur tidak berhasil dibuahi maka sel telur tersebut akan meluruh dan menstruasipun akan datang. Oleh sebab itulah mengapa masa subur cukup berkaitan erat dengan siklus menstruasi.

Lalu, Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Pada Wanita?

Pada umumnya masa subur akan berlangsung sekitar 12 sampai dengan 14 hari sebelum terjadinya menstruasi. Nah, maka dari itu untuk mengetahui masa subur ini anda perlu mengetahui terlebih dahulu kapan anda menstruasi. Jika perlu pastikan anda membuat catatan kecil minimalnya 6 bulan terakhir. Hal ini bertujuan agar anda lebih mudah lagi dalam mengetahui masa subur.

Mengetahui masa subur pada wanita sebenarnya tidak harus berbicara tentang bagaimana rumusnya dan berpacu pada kalender saja. Melainkan untuk mengetahui masa subur ini juga anda bisa mengenalinnya dengan beberapa tanda tanda yang akan muncul dan akan anda rasakan. Selain itu, mengetahui masa subur dari tanda tanda yang akan dirasakan ini juga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengetahuinya. Berikut beberapa tanda tandanya :

1. Suhu Basal Tubuh Meningkat

Tanda tanda bahwa wanita sedang masuk masa subur yang pertama yaitu ditandai dengan suhu basal tubuh yang meningkat setiap kali di cek pada saat pagi hari setelah anda bangun tidur dan sebelum beranjak dari ranjang. Biasanya suhu tubuh akan meningkat selama kurang lebih 3 hari.

2. Munculnya Lendir Dari Vagina

Nah, tanda tanda berikutnya yaitu munculnya lendir atau cairan dari vagina. Biasanya cairan yang menandakan bahwa anda sedang dalam masa subur cairan atau lender tersebut menyerupai putih telur hanya saja hal ini bukanlah keputihan melainkan cairan yang akan membantu jalan masuknya sel sperma kedalam rahim.

3. Payudara Terasa Nyeri

Tanda tanda yang akan anda rasakan saat memasuki masa subur berikutnya yaitu rasa nyeri pada payudara setelah menstruasi. Rasa nyeri ini juga akan ditandai dengan perasaan payudara terasa lebih besar dari ukuran biasanya. Anda tidak perlu khawatir jika hal ini anda rasakan pasalnya hal ini merupakan tanda alami tubuh yang menandakan siap untuk bereproduksi. Biasanya hal ini juga selalu ditandai dengan tingginya hasrat bercinta.

Itulah beberapa tanda tanda yang mungkin akan anda rasakan ketika masa subur datang. Semoga ulasa ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan terbaru untuk anda!

 

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *