Memperkirakan serta menghitung masa subur seorang wanita setelah haid merupakan salah satu cara paling utama untuk memiliki keturunan melalui proses kehamilan dikarenakan agar peluang kehamilan lebih besar maka sebagai wanita yang bijak anda perlu mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur serta mempunyai catatan perihal periode atau siklus menstruasi.

Siklus menstruasi merupakan rentan waktu sejak hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi berikutnya. Biasanya, siklus menstruasi yang bisa dikatakan normal yaitu setiap 21 hari sampai dengan 35 hari yang mana hari ke 1 pada sikulus menstruasi merupakan hari pertama anda menstruasi.

Memahami Masa Subur Wanita

Banyak sekali wanita yang bertanya-tanya tentang kapan dimulainya masa menstruasi? Pada umumnya, menstruasi dimulai pada hari pertama ketika dinding rahim meluruh serta keluar bersama darah dari vagina. Saat menstruasi, sel telur akan berkembang di dalam ovarium kemudian sel tersebut akan matang. Setelah sel telur matang barulah ovarium akan melepaskan sel telur. Proses tersebut sering disebut dengan ovulasi.

Lalu, kapan ovulasi tersebut terjadi? Masa ovulasi terjadi sekitar 12 sampai dengan 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Pada dasarnya hari saat ovulasi terjadi tergantung pada siklus mentruasi masing-masing wanita. Jika siklus menstruasi anda pendek misalnya 22 hari maka ovulasi akan terjadi beberapa hari setelah menstruasi terakhir.

Jadi dalam hal ini bisa dikatakan setiap masing-masing wanita memiliki waktu ovulasi yang berbeda-beda. Dalam hal ini penting sekali bagi anda para wanita untuk mengetahui tentang siklus menstruasi dengan tujuan agar anda bisa dengan mudah memperkirakan waktu terjadinya ovulasi.

Jadi, kapan masa subur seorang wanita? Perlu anda ketahui bahwa masa subur seorang wanita yaitu sekitar waktu ovulasi bisa dikatakan 5 hari sebelum masa ovulasi. Masa subur wanita biasanya yaitu sekitar 12-16 hari sebelum masa menstruasi berikutnya. Dalam artian setiap wanita mengalami masa subur sekitar hari ke 10 sampai dengan hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi berakhir.

Menghitung Masa Subur Wanita

Masa subur seorang wanita biasanya dihitung berdasarkan analisis siklus menstruasi dan catatan yang anda buat selama kurang lebih 8 bulan terakhir. Perkiraan masa subur umumnya dapat dihitung dengan rumah sebagai berikut :

  1. Usahakan ketahuilah siklus terpendek menstruasi anda misalnya 27 hari. Kemudian kurangi dengan 18 (27 – 18 = 9). Nah, jadi 9 ini merupakan hari pertama anda berada di masa subur.
  2. Kemudian ketahuilah siklus terpanjang menstruasi anda misalnya 30 hari. Kemudian kurangi dengan angka 11 (30 – 11 = 19). Jadi, 19 ini merupakan hari terakhir masa subur anda.

Setelah anda mengurangi siklus terpendek dan terpanjangn menstruai anda, maka bisa disimpulkan bahwa siklus menstruasi anda yaitu sekitar 27-30 hari yang mana masa suburnya akan terjadi pada hari ke 9 sampai dengan 19.

Dengan menghitung serta memperkirakan masa subur wanita setelah menstruasi, anda akan lebih terbantu dalam merencanakan kehamilan bersama pasangan anda. Selain itu, memperkirakan dan menghitung hal tersebut juga dapat membantu anda dalam mengevaluasi kesehatan terutama dalam hal reproduksi. Jika anda masih sangat kesulitan dalam mengetahui masa subur, anda bisa berkonsultasi pada dokter kandungan karena hal ini sangatlah penting sekali untuk diketahui apalagi untuk anda yang sudah berencana untuk memiliki buah hati dalam waktu dekat. Semoga bermanfaat!

 

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *