Bagi semua pasangan suami istri yang baru saja menikah atau bahkan sudah lama menikah, memiliki buah hati merupakan harapan yang sangat impi-impikan. Untuk meyakinkan kemungkinan besar memiliki buah hati, penting bagi anda untuk mengetahui kapankah masa subur akan terjadi khususnya bagi seorang wanita yang memiliki peran penting dalam hal kesuburan.

Terdapat banyak sekal cara untuk mengetahui masa subur akan terjadi. Namun sayangnya, banyak sekali para wanita yang tidak mengetahui dan masih bingung dalam menghitung masa subur. Sehingga pada ulasan kali ini kita akan membahas tuntas mengenai apa itu masa subur? Kapan masa subur itu datang? Dan bagaimana cara menghitung masa subur yang akurat? Semua ulasan tersebut akan kita ulasan berikut ini.

Apa Itu Masa Subur?

Pada umumnya, yang dimaksud dengan masa subur merupakan salah satu moment dimana sel telur telah matang berpindah ke tuba falopi yang mana keadaan dari sel telur ini telah siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Saat seorang wanita berada didalam masa subur kemungkinan untuk hamil akan semakin meningkat kurang lebih 10% dari hari-hari biasanya. Maka dari itu, bagi anda yang menginginkan kehamilan dalam waktu dekat bisa memanfaatkan waktu ini untuk berhubungan seksual.

Kapan Masa Subur Akan Terjadi?

Banyak sekali wanita yang bertanya-tanya kapan masa subur akan terjadi? Perlu anda ketahui bahwa masa subur datang setiap bulan sekali sama halnya dengan menstruasi. Bahkan untuk mengetahui masa subur juga sangat bergantung pada siklus menstruasi. Siklus menstruasi disini merupakan rentan waktu antara hari pertama seorang wanita mengalami menstruasi sampai dengan wanita mengalami menstruasi pada bulan berikutnya.

Yang perlu anda ketahui bahwa dalam menghitung masa subur, setiap wanitanya akan berbeda-beda mengingat siklus menstruasi setiap wanita juga berbeda. Misalnya ada beberapa wanita yang mengalami siklus menstruasi teratur dan tidak sedikit pula wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur.

Lantas, Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur pada Wanita?

Bagi anda yang memiliki siklus menstruasi teratur, menghitung masa subur cukup mudah dan simple dibandingkan anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Terdapat 2 cara menghitung masa subur pada wanita. Seperti berikut ini :

1. Cek Suhu Basa Tubuh Secara Rutin

Cara menghitung masa subur pada wanita yang pertama yaitu dengan cara mengecek suhu basal tubuh secara rutin. Cara ini merupakan salah satu cara yang sederhana dimana suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh ketika seseorang bangun tidur. Jika anda sedang memasuki masa subur, kemungkinan suhu tubuh anda akan meningkat dari biasanya. Biasanya jika suhu basal tubuh normal anda 35.5 derajat celcius, lalu setelah di cek suhunya meningkat menjadi 36.6 derajat celcius maka dipastikan anda sudah masuk masa subur sekita 1 sampai dengan 2 hari.

 

2. Menggunakan Kalkulator

Metode ini juga merupakan cara paling efektif, anda bisa menghitung masa subur dengan menggunakan kalkulator. Namun, sebelumnya anda perlu mempunyai catatan selama 6 bulan terakhir untuk menentukan siklus menstruasi terpendek dan terpanjang. Metode ini sangat pas untuk anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Itulah beberapa ulasan mengenai masa subur. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan terbaru untuk anda!

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *