Sebagian besar pasangan suami istri yang sudah lama membangun bahtera rumah tangga tentu saja ingin memiliki keturunan. Namun, sayangnya banyak sekali para pasangan suami istri yang gagal dalam melakukan program-program untuk memiliki keturunan dikarenakan kurangnya pemahaman akan masa subur. Padahal perlu anda ketahui bahwa masa subur merupakan salah satu masa yang tepat bagi anda yang ingin cepat hamil.

Masa subur merupakan rentan waktu dimana seorang wanita sedang mengalami ovulasi atau ketika sel telur telah matang dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Biasanya masa subur akan berlangsung selama 6 hari yaitu 2 hari sebelum terjadi masa ovulasi sampai 3 hari setelah masa ovulasi. Maka dari itu, jika anda dan pasangan menginginkan kehamilan cepat anda bisa melakukan hubungan seksual rutin pada saat masa subur. Agar terjadinya kehamilan masa sel telur harus segera dibuahi oleh sperma.

Sel telur hanya dapat bertahan selama kurang lebih 12-24 jam setelah dilepaskan sedangkan sel sperma akan dapat hidup didalam organ reproduksi wanita selama kurang lebih 5 hari setelah berhubungan intim. Jika selama masa subur sel telur tidak dibuahi, maka sel tersebut akan meluruh dan muncul darah di vagina yang sering kita sebut dengan menstruasi. Oleh sebab itulah mengapa masa subur seringkal dikaitkan dengan siklus mensturasi.

Lalu, Bagaimana Tanda Wanita Yang Sedang Dalam Masa Subur?

Untuk mengetahui masa subur atau tidak subur pada wanita tidak selalu harus dihitung menggunakan kalender ataupun rumus standar khusus masa subur. Untuk mengetahui masa subur sendiri, anda bisa merasakan beberapa tanda seperti berikut ini :

1. Suhu Basal Tubuh Meningkat

Tanda wanita yang sedang dalam masa subur pertama yaitu ditandai suhu basal tubuh meningkat. Suhu basal tubuh yaitu kondisi suhu tubuh saat istirahat. Biasanya jika anda sedang memasuki masa subur, suhu tubuh anda akan meningkat dari biasanya. Hal ini bisa dibuktikan pada saat anda bangun tidur, anda bisa mengeceknya dengan menggunakan termometer. Jika mengalami peningkatan kemungkinan besar anda sedang dalam masa subur.

2. Munculnya Lendir

Tanda bahwa anda sedang memasuki masa subur yaitu munculnya lendir yang hampir menyerupai putih telur. Lendir ini bukanlah keputihan melainkan cairan yang akan membantu jalan masuknya sel sperma kedalam rahim. Hal ini merupakan kondisi yang paling pas untuk anda yang ingin segera memiliki momongan. Anda bisa melakukan hubungan seksual bersama pasangan.

3. Nyeri Pada Payudara

Nah, tanda wanita yang sedang masuk masa subur yaitu rasa nyeri pada payudara setelah menstruasi. Kondisi ini memang sangat jarang dialami oleh para wanita. Namun, jika anda mengalami hal ini kemungkinan besar anda sedang masuk masa paling subur.

4. Gairah Untuk Melakukan Hubungan Seksual Meningkat

Saat masa subur, gairah untuk melakukan hubungan seksual bersama pasangan akan meningkat dan memuncak. Hal ini merupakan kondisi alami tubuh yang menandakan bahwa tubuh anda sudah siap untuk bereproduksi.

5. Kram Perut Ringan

Sedangkan tanda tanda berikutnya yaitu anda akan mengalami kram perut ringan. Biasanya bagian perut yang akan merasakan kram tersebut yaitu bagian bawah. Kram perut ini akan anda rasakan cukup singkat bersamaan dengan rasa mual setelah anda menstruasi. Kram perut yang dirasakan yaitu di sebabkan karena adanya peningkatan hormon didalam tubuh.

Itulah beberapa tanda tanda bahwa anda sedang memasuki masa subur. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi solusi untuk anda!

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *