Mengetahui masa subur bagi seorang wanita merupakan salah satu hal yang sangat penting terutama bagi anda yang memang benar-benar ingin cepat memiliki buah hati. Selain sebagai salah satu cara untuk menjadi jalan mempercepat proses kehamilan, mengetahui masa subur juga merupakan suatu taktik atau strategi untuk menghindari kehamilan. Lalu, bagaimana cara mengetahui masa subur pada seorang wanita?

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui masa subur pada seorang wanita yang mana beberapa diantaranya tidak perlu memerlukan alat bantu apapun namun beberapa diantaranya juga ada yang bisa menggunakan alat untuk membantunya. Namun, sebelum anda mengetahui cara untuk mengetahui caranya perlu diingatkan bahwa mengetahui masa subur selalu bergantung pada siklus menstruasi yang akan datang setiap bulannya.

Lalu, Apa Saja Cara Untuk Mengetahui Masa Subur Wanita?

Masa subur wanita atau lebih dikenal dengan masa ovulasi merupakan suatu moment dimana sel telur sudah matang dan siap untuk dilepaskan yang kemudian dibuahi oleh sel sperma di dalam rahim. Jika seorang wanita sudah masuk pada masa subur, peluang untuk hamil sangatlah besar. Berikut beberapa cara yang perlu anda ketahui untuk mengetahui masa subur :

1. Menggunakan Kalender

Cara untuk mengetahui masa subur pada wanita yang pertama yaitu dengan menggunakan metode kelender. Hal pertama yang perlu anda lakukan jika ingin menggunakan metode ini yaitu mencari tahu kapan anda menstruasi bulan kemarin dan juga bulan sekarang. Biasanya masa subur akan terjadi sekitar 12 sampai dengan 16 hari setelah hari pertama anda mnstruasi. Jadi misalnya seperti ini jika anda menstruasi tanggal 13 agustus maka diperkirakan masa subur anda akan berlangsung pada tanggal 24 sampai 28 agustus.

Mengetahui masa subur dengan metode ini sangat cocok untuk anda yang memiliki siklus menstruasi teratur. Bagi anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur sebaiknya jangan menggunakan metode ini karena akan cukup rumit dan akan membuat anda bingung.

2. Cek Lendir

Sebelum masa subur tiba, biasanya vagina anda akan mengeluarkan banyak lendir  atau cairan yang mana lendir ini akan menjadi tanda bahwa anda sedang masuk kedalam masa paling subur. Ciri ciri dari lendir yang akan keluar hampir sama dengan putih telur yaitu encer, tidak berbau dan keluar dalam jumlah banyak.  Anda bisa memperhatikan dan mengecek lendir ini setelah usai menstruasi. Jika cairan atau lendir tersebut keluar sehari setelah menstruasi kemungkinan anda sedang memasuki masa subur.

3. Ukur Suhu Basal Tubuh

Suhu basal tubuh adalah temperatur tubuh saat dalam kondisi istirahat. Saat sedang dalam masa subur biasanya suhu tubuh anda akan mengalami sedikit peningkatan yaitu kurang lebih sebanyak 0.3 derajat celcius. Jika selama 3 hari kedepan suhu tubuh anda masih tetap meningkat kemungkinan besar anda sedang dalam masa subur. Untuk mengetahui suhu basal tubuh naik atau tidaknya anda bisa mengukur suhu anda setelah bangun tidur pada pagi hari sebelum beranjak dari tempat tidur. \

4. Menggunakan Alat Prediksi Masa Subur

Cara mengetahui masa subur pada wanita berikutnya yaitu dengan menggunakan metode alat prediksi masa subur. Dengan cara ini hasil yang akan anda dapat lebih akurat dimana anda bisa mendapatkan alat ini di apotek terdekat dan sesuai dengan resep dokter.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui msa subur wanita. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan terbaru untuk anda!

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *