Selama ini yang selalu menjadi perhatian utama dalam masalah kesuburan yaitu masa subur wanita. Padahal, perlu anda ketahui bahwa seorang pria juga memiliki masa subur yang jika hal ini sama diperhatikan akan berdampak kepada keberhasilan untuk mendapatkan momongan segera. Mengapa demkian? Hal ini dikarenakan tidak hanya sel telur saja yang berperan dalam pembuahan melainkan sel sperma juga sangat berperan penting. Hanya saja masa subur pria berbeda dengan masa subur wanita.

Jika pada dasarnya mengetahui masa subur wanita dilihat dari adanya sel telur yang sudah siap untuk dibuahi maka yang menjadi indikator penting dalam mengetahui masa subur pria yaitu kualitas sperma dimana terdapat faktor yang akan mempengaruhinya mulai dari faktor usia, kesehatan, suhu dan lain sebagainya. Masa subur wanita sangat bergantung pada siklus menstruasi yang berulang setiap bulannya sedangkan untuk masa subur pria bergantung pada siklus seberapa banyak sperma yang dikeluarkan dan berkualitas.

Ciri Ciri Normal Sperma yang Menentukan Masa Subur Pria

Seperti telah disebutkan pada ulasan diatas bahwa sperma menjadi salah satu indikator kesuburan pada pria. Terdapat beberapa ciri ciri normal sperma yang akan menentukan masa subur dari seorang pria yang akan dijelaskan berikut ini :

1. Jumlah

Biasanya dalam satu kali ejakulasi seorang pria yang sedang masuk masa subur bisa mengeluarkan sperma hingga 15 juta sel per milliliter. Jumlah ini akan membantu dalam menyukseskan pembuahan sel telur.

2. Pergerakan

Sel sperma yang dikatakan normal biasanya pergerakannya lebih cepat dan memiliki motilitasi yang baik setidaknya 40 persen dari keseluruhan sel sperma yang dikeluarkan. Dengan pergerakkan yang baik ini maka akan membuat sel sperma lebih cepat membuahi sel telur.

3. Struktur Sel Sperma

Sturktur sel sperma yang dikatakan normal yaitu terdiri dari beberapa bagian seperti bagian atas yang disebut dengan kepala berbentuk oval, memiliki badan dan memiliki ekor. Sekilas struktur sel ini seperti kecebong. Jika struktur sel sperma ini tidak demikian maka pergerakannya menjadi tidak baik sehingga akan menyebabkan proses pembuahan menjadi gagal.

Lalu, Kapan Masa Subur Pria Berlansung?

Perlu anda ketahui bahwa organ intim seorang pria yang akan menghasilkan sel sperma sangat sensitive terhadap perubahan suhu baik itu suhu dingin maupun panas. Saat suhu di sekitar anda panas maka umur dari sel sperma akan pendek dan lebih sedikit. Hal ini tentunya berbanding terbalik jika suhunya dingin yang akan menghasilkan sel sperma lebih banyak dan berkualitas.

Maka dalam hal ini bisa dikatakan masa subur pria sangat baik pada suhu dingin. Namun, jika dikaitkan dengan suhu sehari-hari kualitas sperma yang akan menandakan masa paling subur pria yaitu pada saat pagi hari. Maka dari itu, jika anda menginginkan segera mendapatkan momongan anda bisa memanfaatkan moment tersebut dengan syarat pasangan anda juga sedang dalam masa subur.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai masa subur pria yang perlu diketahui. Selain faktor diatas, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi masa subur pria yaitu usia, gaya hidup, berat badan, rajin tidaknya bercinta dan sebagainya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan terbaru untuk anda!

 

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *