Tahukah anda? Mengetahui masa subur bagi seorang wanita merupakan salah satu hal yang sangat penting guna untuk mencegah kehamilan atau sebagai salah satu cara untuk memperoleh kehamilan. mengetahui masa subur sebenarnya cukup mudah sekali, anda hanya perlu mengetahui siklus menstruasi anda. Namun, menyikapi masalah tersebut banyak sekali para wanita khususnya yang sudah menikah tidak mengetahui bagaimana cara mengetahuinya.

Menstruasi merupakan suatu kondisi yang sangat pasti akan dialami oleh semua wanita yang sudah baligh sampai dengan usia 40 atau 50 tahunan. Menstruasi bisa dikatakan sebagai kondisi rutin yang akan ada didalam proses perkembangan seorang wanita. Normalnya menstruasi akan berlangsung selama 4 sampai dengan 6 hari. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda dimana beberapa wanita memiliki siklus menstruasi pendek dan beberapa wanita lain memiliki siklus menstruasi yang panjang.

Masa subur seorang wanita pada dasarnya tergantung pada siklus menstruasi karena itulah mengapa masa subur setiap wanita akan berbeda-beda. Pada dasarnya masa subur seorang wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur akan berbeda dengan wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Bahkan dari segi cara menghitungnya pun masa subur dengan siklus teratur akan lebih mudah dibandingkan dengan mengetahui masa subur dengan siklus tidak teratur.

Lalu, Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita?

Mengetahui masa subur seorang wanita bisa anda ketahui dengan menggunakan kalender menstruasi atau bisa juga dengan mendownload aplikasi khusus untuk menghitung masa subur melalui smartphone kesayangan anda. Biasanya perhitungan masa subur dihitung saat hari pertama menstruasi atau dimana pada saat dinding rahim meluruh seta menjadi darah.

Saat sedang menstruasi, sel telur akan berkembang didalam ovarium. Ketika sel telur telah matang, maka ovarium akan melepaskan sel telur yang mana peristiwa ini dinamakan sebagai proses ovulasi. Biasanya ovulasi terjadi sekitar 12 hari sampai dengan 16 hari sebelum terjadinya menstruasi. Sedangkan masa subur seorang wanita sekitar 5 sampai dengan 6 hari sebelum masa ovulasi itu berlansung. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa masa subur seorang wanita yaitu hari ke 10 sampai hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

Untuk anda yang memiliki siklus menstruasi teratur, cara menghitung masa subur cukuplah mudah. Anda hanya cukup mengurangi angka 14 dengan hari pertama anda menstruasi. Misalnya jika hari menstruasi ada yaitu tanggal 2 april. Angka ini kemudian tambahkan dengan angka 28 seperti ini (2 + 28 = 30). Nah, angka 30 ini bisa anda kurangkan dengan angka 14 seperti berikut (30 – 14 = 16). Setelah mengurangkannya dengan angka 14 maka anda bisa mengetahui langsung masa subur anda yaitu pada tanggal 16 april.

Sedangkan untuk anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, akan cukup rumit untuk mengetahui masa suburnya karena anda perlu membuat catatan siklus menstruasi selama 6 bulan terakhir. Setelah itu anda juga perlu mengetahui siklus menstruasi pendek dan panjang selama 6 bulan terakhir tersebut.

Nah, jika anda telah mengetahui siklus terpendek dan terpanjang maka anda bisa mengetahuinya langsung. Seperti jika siklus terpendek anda adalah 26 dan terpanjang 31, anda bisa mengurangi angka 26 dengan 18 dan setelah itu mengurangi angka 31 dengan 11. Setelah anda bisa menemukan hasil dari pengurangan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa masa subur anda yaitu hari ke 6 untuk hari pertama paling subur dan 11 merupakan hari terakhir masa paling subur.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai masa subur wanita. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi solusi untuk anda!

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *