Kehamilan merupakan salah satu hal yang sangat berkaitan dengan masalah waktu. Waktu tersebut yaitu dimana sel sperma dari seorang pria bertemu dengan sel telur dari wanita yang kemudian akan terjadi pembuahan. Dalam merencanakan kehamilan sebenarnya cukup mudah, yang perlu anda lakukan yaitu mengetahui maa subur dan masa tidak subur. Lalu, bagaimana cara menghirung masa subur dan tidak subur seorang wanita?

Sebenarnya anda dapat mengetahui masa subur dan tidak subur wanita yaitu dengan cara memperhatikan siklus menstruasi. Pada dasarnya, siklus menstruasi akan memberikan petunjuk  kapan masa subur anda terjadi sehingga ketika anda mengetahui masa subur anda sedang terjadi, anda bisa langsung melakukan hubungan seksual bersama pasangan anda karena pada masa tersebut kemungkinan peluang untuk hamil sangatlah besar.

Lalu, Apakah Siklus Menstruasi Mempengaruhi Masa Subur?

Banyak sekali orang yang bertanya khususnya para wanita tentang perihal apakah siklus menstruasi mempengaruhi masa suburnya? Jawabannya jelas mempengaruhi hal ini dikarenakan masa subur seorang wanita sangat bergantung pada siklus menstruasinya. Jadi, bisa dikatakan masa subur seorang wanita akan berbeda-beda tergantung siklus menstruasi apakah termasuk kedalam siklus pendek ataupun panjang.

Pada dasarnya, siklus menstruasi merupakan jarak waktu dari hari pertama terjadinya menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi yang berikutnya. Umumnya, siklus menstruasi normalnya berlansung dalam waktu 21-35 hari. Namun, rata-rata semua wanita memiliki sikls menstruasi selama 28 hari. Nah, dalam siklus menstruasi inilah terdapat masa paling subur seorang wanita.

Jika terjadinya pembuahan sel telur bertemu dengan sel sperma saat masa subur maka dipastikan peluang kehamilanpun akan sangat terjadi. Namun, jika sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma, sel telur akan meluruh dan akan keluar melalui vagina yang berbentuk darah. Nah, inilah sebabnya mengapa seorang wanita mengalami menstruasi setiap bulannya yang mana setiap kali menstruasi wanita akan melepaskan 1 sel telur.

Lantas, Kapankah Masa Subur Wanita Akan Terjadi?

Secara garis besar, masa subur seorang wanita yaitu saat masa ovulasi atau saat ovarium melepaskan sel telur. Masa ovulasi akan terjadi yaitu sekitar 12 hari sampai dengan 14 hari sebelum siklus menstruasi akan dimulai. Biasanya rata-rata masa subur seorang wanita dimulai saat hari ke 10 sampai dengan hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi yang mana hal rersebut terjadi jika siklus menstruasi anda jangka pendek.

Umumnya, 5 hari sebelum masa ovulasi serta 1 hari saat masa obulasi merupakan salah satu masa paling subur wanita. Maka jika anda berencana untuk segera hamil, usahakan anda melakukan hubungan suami istri selama masa subur yaitu sebanyak 2 atau 3 kali sebelum sel telur dilepaskan. Berhubungan seksual pada saat masa subur merupakan salah satu peluang besar agar bisa hamil.

Dikarenakan siklus menstruasi serta masa subur setiap wanita berbeda-beda, maka yang perlu dilakukan agar dapat mengetahui masa subur, anda bisa menghitungnya sendiri yaitu dengan menggunakan rumus atau mencari tahu lewat kalkulator masa subur. Adapuncara  yang bisa anda pakai untuk menentukan masa subur yaitu sebagai berikut :

  1. Usahakan ketahuilah masa siklus panjang menstruasi.
  2. Menghitung perkiraan masa subur yaitu dengan cara mengetahui siklus panjang dan pendek dari siklus menstruasi.
  3. Jika siklus menstruasi terpendek anda adalah 25 maka anda bisa menguranginya dengan 18 (25 – 18 = 7). Jika siklus menstruasi panjang anda adalah 29 maka anda bisa mengurangi dengan 11 (29 – 11 = 18). Dengan kata lain bahwa angka 7 ini merupakan hari pertama anda memasuki masa subur dan hari ke 18 merupakan hari terakhir masa subur.

Itulah sekilas tentang siklus menstruasi, masa subur dan cara menghitung masa subur wanita. Jika anda masih kebingungan dalam menentukan masa subur, anda bisa konsultasikan pada dokter untuk informasi yang lebih jelas lagi.

 

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *