Hamil, menyusui, dan memiliki keturunan merupakan kodrat semua wanita yang sudah berrumah tangga. Demi mewujudkannya, tidak heran banyak sekali para wanita yang mencari tahu bagaimana caranya agar apa yang diharapkannya dapat terwujud salah satunya yaitu dengan cara mencari tahu tentang masa suburnya sendiri karena banyak sekali orang yang percaya jika seorang wanita sedang dalam masa subur dan melakukan hubungan suami istri maka peluang untuk hamil sangat besar.

Menurut para ahli yang bergerak dibidang kesehatan, masa subur merupakan salah satu kondisi dimana indung telur atau disebut dengan ovarium melepas sel telur (ovum) yang sudah siap untuk dibuahi kedalam saluran indung telur atau dikenal dengan tuba falopi. Jika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma dan mengalami pembuahan yang sempurna maka anda akan berkesempatan untuk memiliki buah hati dalam waktu dekat melalui proses kehamilan.

Lalu, Kapan Berlangsungnya Masa Subur?

Banyak sekali para wanita yang masih kurang pengetahuannya akan masa subur. Sehingga tidak sedikit dari mereka akan bertanya-tanya, kapankan masa subur itu berlangsung? Pada dasarnya masa subur berlangsung 2 minggu setelah menstruasi. Misalnya jika seorang wanita mengalami menstruasi pada tanggal 1 maka kemungkinan besar masa suburnya akan berlangsung pada tanggal 16.

Untuk mengetahui masa subur, sebenarnya cukuplah mudah terdapat beberapa metode yang bisa anda gunakan untuk menghitung masa subur. Namun, tentu saja perlu anda ketahui bahwa dalam menghitung masa subur anda perlu mengetahui siklus menstruasi terlebih dahulu karena masa subur sangat bergantung pada siklus menstruasi.

Biasanya siklus menstruasi setiap wanita akan berbeda-beda. Oleh sebab itulah mengapa masa subur masing-masing wanita akan berbeda-beda. Siklus menstruasi wanita terbagi menjadi 2 yaitu siklus menstruasi teratur dan siklus menstruasi tidak teratur. Untuk menghitung siklus menstruasi teratur akan cukup mudah dibandingkan dengan menghitung siklus tidak teratur. Jika siklus menstruasi anda teratur anda bisa menggunakan rumus standar.

Menghitung masa subur dengan menggunakan rumus ataupun kalender sebenarnya terbilang cukup rumit. Anda bisa mengetahui masa subur dengan tanda tanda yang akan anda rasakan. Berikut beberapa tanda tanda alami tubuh yang menandakan bahwa anda sedang masuk masa subur.

  1. Munculnya lender atau cairan yang menyerupai putih telur yang mana cairan ini memiliki manfaat untuk mempermudah jalan masuknya sperma kedalam rahim.
  2. Nyeri pada payudara yang disebabkan karena adanya peningkatan hormone dan merupakan tanda alami tubuh yang siap untuk bereproduksi biasanya rasa nyeri pada payudara ini akan anda rasakan setelah menstruasi usai. Walaupun jarang ditemukan namun tanda tanda ini juga merupakan salah satu sinyal bahwa anda sedang memasuki masa paling subur.
  3. Kram perut ringan bagian bawah yang disertai dengan rasa mual yang biasanya kram perut ini akan dirasakan hanya dalam waktu beberapa menit dan bahkan jam.
  4. Suhu basal tubuh meningkat yang bisa anda cek pada saat pagi hari setelah anda bangun tidur.
  5. Leher rahim terasa terbuka dan lembut sehingga ketika berhubungan suami istri anda akan terasa nyeri dan biasanya cairan pelumas akan banyak.
  6. Meningkatnya gairah bercinta dengan pasangan tidak seperti biasanya.
  7. Indera penciuman lebih sensitive.

Itulah beberapa ciri ciri alami tubuh yang akan anda rasakan ketika anda memasuki masa subur. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan terbaru untuk anda.

 

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *