Kebanyakan wanita yang sudah berrumah tangga dan ingin segera hamil biasanya seringkali mengikuti kalender untuk mengetahui masa subur. Namun perlu anda ketahui bahwa untuk mengetahui masa subur tidak selalu harus berpacu pada kalender saja, anda bisa mengetahui masa subur dengan cara yang lain salah satunya yaitu dengan mengetahui ciri ciri masa subur pada wanita itu seperti apa. Namun, sebelum anda mengetahui ciri cirinya, lantas apa itu masa subur?

Pada dasarnya masa subur atau ovulasi merupakan salah satu moment dimana sel telur sudah siap dibuahi oleh sel sperma. Oleh sebab itu, bagi anda yang menginginkan kehamilan cepat alangkah baiknya jika anda melakukan hubungan seksual saat masa subur telah tiba karena masa subur merupakan moment terbaik untuk merencanakan kehamilan. Biasanya masa subur seorang wanita ditentukan oleh siklus menstruasi hanya saja yang menjadi kendala bahwa siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda sehingga hal ini memungkinkan masa subur setiap wanita juga akan berbeda.

Lalu, Apa Saja Ciri Ciri Masa Subur Pada Wanita?

Setelah anda mengetahui masa subur itu apa, rasanya akan tidak lengkap jika anda tidak mengetahui masa subur anda sendiri. Sebenarnya masa subur bisa dihitung dengan menggunakan rumus menstruasi terpendek dan terpanjang hanya saja hal ini akan cukup rumit apalagi seperti yang kita tahu bahwa siklus menstruasi wanita cukup berbeda. Agar lebih mudah untuk mengetahui masa subur, anda bisa mengetahuinya dari beberapa ciri ciri masa subur yang akan dirasakan oleh anda seperti :

1. Payudara Lebih Lunak

Ciri ciri masa subur pada wanita ditandai dengan payudara terasa lebih lunak. Hal ini bisa anda rasakan jika anda menyentuhnya.

2. Payudara Terasa Membengkak

Selain payudara yang terasa lebih lunak saat disentuh, ciri ciri yang menandakan bahwa anda sedang dalam masa subur yaitu payudara terasa lebih membengkak dan lebih sensitif tidak hanya itu saja jika disentuhpun payudara anda akan terasa lebih sakit. Hal ini tentu saja dikarenakan adanya peningkatkan hormon didalam tubuh.

3. Penciuman Terasa Lebih Sensitif

Saat seorang wanita sedang memasuki masa subur biasanya tidak hanya payudaranya saja yang mengalami beberapa perubahan. Tenyata indera penciumannyapun akan terasa lebih sensitif dari biasanya. Penciuman yang sensitif ini bukanlah suatu masalah yang berat hal ini merupakan suatu tanda bahwa tubuh anda sudah mendekati masa subur atau sedang dalam masa subur.

4. Munculnya Lendir Atau Cairan

Ciri ciri masa subur pada wanita berikutnya yaitu ditandai dengan munculnya lendir atau cairan dari vagina yang hampir menyerupai putih telur. Cairan ini bukanlah keputihan melainkan salah satu tanda alami bahwa tubuh anda sudah siap bereproduksi. Cairan atau lendir ini juga bermanfaat sebagai pelumas yang akan memudahkan jalan masuknya sel sperma.

5. Meningkatnya Gairah Bercinta

Meningkatnya gairah bercinta juga merupakan salah satu ciri bahwa seorang wanita sedang memasuki masa subur. Anda tidak perlu khawatir jika anda mengalami hal ini dikarenakan biasanya tanda ini merupakan salah satu ciri alami bahwa tubuh anda sudah siap bereproduksi.

6. Kram Perut

Ciri ciri masa subur pada wanita berikutnya yaitu ditandai dengan kram perut bagian bawah. Umumnya kram perut yang akan dirasakan oleh ibu hamil selalu dibarengi dengan rasa mual. Penyebab ini disebabkan karena adanya peningkatkan hormon.

Itulah beberapa ciri ciri masa subur pada wanita. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi solusi untuk anda!

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *