Masa subur atau dikenal dengan masa ovulasi merupakan salah satu moment dimana sel telur siap untuk dibuahi oleh sel sperma dan kemudian akan matang lalu menempel pada dinding rahim dan kemudian akan berubah menjadi embrio yang sering kita sebut dengan proses kehamilan. Masa subur juga bisa dikatakan sebagai satu masa dimana tubuh sudah mulai siap bereproduksi jadi dengan mengetahui masa subur ini akan memudahkan para pasangan untuk segera memiliki momongan atau sebaliknya.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui masa subur wanita. Namun, yang perlu anda ketahui bahwa masa subur setiap wanita tentu saja akan berbeda-beda hal ini mengingat bahwa siklus menstruasinya juga berbeda-beda. Mungkin beberapa kasus menemukan beberapa wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya dan ada juga beberapa wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur setiap bulannya.

Pada dasarnya untuk mengetahui masa subur wanita dengan siklus menstruasi teratur akan sangat mudah dibandingkan denganĀ  menghitung masa subur wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur anda bisa menggunakan kalender saja untuk mengetahui masa subur. Sedangkan untuk anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur anda perlu mencatat terlebih dahulu siklus menstruasi anda selama 6 bulan terakhir untuk menentukkan siklus terpendek dan terpanjang.

Lalu, Adakah Cara Lain untuk Mengetahui Masa Subur Wanita?

Seperti telah disebutkan pada ulasan diatas bahwa terdapat beberapa cara untuk mengetahui masa subur seorang wanita. Berikut beberapa cara-caranya :

1. Menggunakan Rumus Masa Subur

Cara yang pertama yaitu dengan cara menggunaka rumus masa subur. Cara ini telah digunakan sejak dulu sampai dengan sekarang. Namun, sayangnya metode hanya bisa digunakan bagi anda yang memiliki siklus menstruasi teratur. Masa subur akan dideteksi dengan menggunakan rumus yaitu ovulasi yang akan terjadi pada hari ke 14 sebelum hari pertama siklus menstruasi akan datang.

2. Memperhatikan Perubahan Mukrosa Leher Rahim

Saat masa subur datang, biasanya mukrosa leher rahim wanita akan lebih bening (tidak keruh), licin dan juga kenyal sekilas hampir mirip dengan putih telur. Mukrosa atau lendir ini akan bisa kita lihat di pakaian dalam. Jika anda sedang dalam masa subur biasanya lendir akan keluar elastis hal ini bisa dibuktikan dengan cara mengambil lendiri yang tertinggal di celana dalam kemudian anda regangkan. Jika lendir tersebut tidak terputus dan agak sedikit lengket maka anda sedang masuk pada masa subur.

3. Mengalami Kram Perut

Ketika masa subur tiba, kadar hormon didalam tubuh akan lebih meningkat dari biasanya. Salah satu hal yang akan dirasakan akibat adanya peningkatan hormon ini yaitu kram perut bagian bawah yang akan muncul ketika anda sedang tidak menstruasi. Biasanya kram perut ini juga selalu bersamaan dengan rasa mual.

4. Mengukur Suhu Basal Tubuh

Cara untuk mengetahui masa subur pada wanita yaitu dengan cara mengukur suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh ketika anda sedang istirahat. Biasanya ketika dalam masa subur suhu tubuh anda akan meningkat sedikit saat di cek menggunakan termometer pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum beranjak dari ranjang.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui masa subur pada wanita. Cukup mudah bukan? Jadi, saat ini anda tidak perlu bingung lagi dalam mengetahui apakah anda masuk pada masa subur atau tidak. Semoga bermanfaat!

admin
admin@simplemondays.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *